CARA CEPAT MEMBUAT STEMPEL DARI KARET RUNAFLEK..PRAKTIS





MEMBUAT STEMPEL CEPAT DENGAN KARET RUNAFLEK


Membuat stempel dengan bahan runaflek menjadi cara yang mudah,di bandingkan membuat stempel dengan tehnik lama yang harus mencongkel pola satu persatu.dan yang pasti hasilnyapun lebih rapi dan awet. 

Bahan :


1.       Karet runaflek (bisa di beli di toko peralatan sablon )
2.       Gabus  (usahakan lapisi dengan ketas berwarna hitan pekat)
3.       Lem
4.       Doble tape
5.       Druf design (sketsa pola )
6.       Gagang stempel bisa dari bahan kayu maupun fiberglass

Alat : 


1.       Gunting
2.       Cutter
3.       Kaca dua keping
4.       Klip penjepit
5.       Kuas
6.       Nampan
7.       Hair dryer

Cara membuat :

DESIGN


Siapkan desain sesuai yang anda inginkan ,bisa menggunakan coreldraw dan di bikin negativ maksudnya pada tulisan ataupun desain yang di inginkan berwarna putih,dan yang dan bigroundnya yang berwarna gelap.
Langkah selanjutnya cetak hasil desain menggunakan printer laser dani di cetak menggunakan kertas karkir (untuk mendapat hasil yang sempurna ) atau bisa dengan cetak biasa di kertas usahakan yang tipis semisal ukuran hvs 60 gram (hasik cetakan di olesi dengan minyak angin biar warna putih terlihat transparan ) jika ingin sekedar praktik ,

MEMBUAT FILM


Lanjut potong karet runaflek sesuai ukuran,untuk di perhatikan bahwa karet runaflek bagian depan di lapisi plasik tebal dan di bawah nya lagi masih ada lapisan plastik tipis.Lepas bagian plasti yang tebalnya saja sisaan lapisan plastik tipisnya.
Kemudian siapkan dua keping kaca,letakkan gabus yng sudah di lapisi warna hitam di atas kaca perama,taruh diatasnya gabus karet runaflek yang sudah di siapkan tadi dan ingat!!l cara meletakkan karet di atas gabus tidak boleh terbalik,bagian yang plastiknya sudah di kelupas tadi harus di atas.Kemudian letakkan desain di atas karet runaflek dengan posisi terbalik jika di baca ( negativ )Setelah itu kaca kedua di letakkan di bagian terahir dan gunakan klip pada kedua bagan kaca berfungsi untuk menjepit supaya lebih nenpel kuat.
Langkah berikutnya adalah proses penyinaran filem,dan hal ini bisa di lakukan dengan lampu maupun bantuan sinar matahari.untuk menganbil murahnya bisa di lakukan di bawah terik matahari saja selama kurang lebik 10 menit.

PENCUCIAN


Siapkan nampan,kuas,bensin,dan doble tip .Angkat jemuran setelah kurang lebih sepuluh menit dan langkah berikutnya lepaskan jepitan dan ambil karet dan lepaskan pola desainnya.tempel bagian belakng karet dengan doble tip (berfungsi untuk merekatkan karet dengan nampan ) dan tempel juga bagian depan dendan doble tip sampai keluar bagian pinggir pola (berfungsi untuk melepas lapisan plastik tipis pada karet )
Langkah berikutnya adalah pencucian haret. Sebelumnya lepaskan dulu lapisan plastik tipis pada karet  dengan cara menarik bagian doble tip yang terpasang sampaik pinggir tadi hingga terkelupas semua dan tempel bagian belakang karet pada nampan dengan doble tipe tadi,
Langkah berikutnya siram karet dengan bensin sampai terendam,tunggu setengah menit terus di sikat dengan kuas sampai terlihat menonjol jelas bagian motifnya,setelah terlihat menonjol semprot dengan hair dryer sampai bersih dan ulangi sekali lagi proses penyikatan dan penyenprotan biar sempurna.kemudian keringkan di bawah terik matahari sampai kering dan mengeras.
Angkat jika sudah mengeras dan potong rapikan bagian pinggir sesuai pola,selanjutnya tinggal pemasangan pada apegangan stempel,

PEMASANGAN PADA GAGANG


Rekatkan karet yang sudah jadu tadi pada gabus tipis dengan lem dan potong sama persis,dilanjutkan dengan menempelkan pada pegangan stempel dengan lem secara rapi da kuat,maka stempel dari karet runaflek sudah jadi siap di gunakan. Selamat mencoba haha.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA CEPAT MEMBUAT STEMPEL DARI KARET RUNAFLEK..PRAKTIS"

Post a Comment