KREATIF..!! KERAJIANAN TANGAN KANTONG PLASTIK KRESEK CANTIK DI MAGELANG INI



KERAJIANAN TANGAN KANTONG PLASTIK KRESEK CANTIK DI MAGELANG


Kerajinan tangan dari kantong plastik kresek,kalau mendengar istilah tersebut apa yang pertama terlintas di benak pembaca?Tapi jangan di anggap sepele untuk hasil karya sekelompok ibu ibu dari magelang ini, meskipun kantong plastik kresek bekas di tanganibu ibu  warga kampung Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, mencoba mengolah kembali sampah plastik kresek menjadi kerajinan dengan nilai jual dan seni yang tinggi. 



PRODUK  KERAJINAN TANGAN YANG CANTIK



Plastik kresek bekas merupakan sampah yang memiliki dampak paling 'mengerikan' bagi lingkungan. Sebab, butuh puluhan bahkan ratusan tahun sampah plastik dapat terurai dalam tanah hal ini yang mendorong ibu-ibu yang menamakan diri Kelompok Soya Mekar itu menekuni kerajinan limbah plastik itu sejak sekitar tahun 2014.
Mereka mengkreasikan plasik kresek menjadi hiasan bunga cantik, bros, piring buah, tatakan piring, taplak meja, tas, dompet, gantungan kunci hingga tirai dan sebagainya. 

IDE YANG BAGUS 


Ide mengolahan limbah plastik kresek menjadikan kerajinan tangan  tersebut dilatarbelakangi banyaknya sampah plastik yang berserakan tiap harinya di Kampung Tidar Campur. Hal tersebut di rasa warga menjadika lingkungan kampung menjadi kotor dan tidak nyaman. "Sampah plastik itu tidak bisa membusuk di tanah, jadi kami berinisiatif untuk mengolahnya biar lebih bermanfaat," kata kata salah satu warga setempat.Menurut keterangannya para warga sebetulnya sudah membuat pengelolaan sampah dengan membangun bank sampah di lingkungannya . Di bank sampah itu warga biasa menyetorkan sampah plastik, kertas, besi dan lainnya untuk kemudian ditukar dengan uang atau bahan-bahan sembako. 

 Nah,Kalau kardus bekas, besi, kertas biasa di jual lagi ke pengepul barang rongsokan, hasilnya buat uang  kas dan sedangkan yang untuk sampah plastik di olah lagi jadi barang kerajinan sendiri.

Sebenarnya tidak  terlalu sulit untuk mengolah sampah plastik menjadi berbgagai macam kerajinan hanya butuh ketelatenan dan kreativitas, serta ada kemauan untuk blajar.Dan untuk sarana dan  peralatannya  yang dibutuhkanpu cukup sederhana, hanya berupa gunting, lem, jarum, benang, cutter, dan hiasan untuk asesoris pelengkap saja.


Meskipun belum maksimal dalam mengelola pemasarannya  tapi setidak nya warga  warga kampung Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang,telah ikut serta membantu program menjadi upaya mendukung program pemerintah Kota Magelang untuk meraih penghargaan Adipura dan juga sebagai wadah pemberdayaan ibu-ibu Kampung Tidar Campur yang sebagian adalah ibu rumah tangga. bagus kan? Selain untuk  kami jual ke masyarakat dan anggota. Kami juga sering ikut pameran. Hasilnya penjualan kita simpan atau untuk beli bahan dan peralatan membuat kerajinan," kata seorang anggota 

MENGINSPIRASI


Hmmm...sungguh membanggakan bukan kreatifitas yang di jalani kelompok tersebut,tidak cukup di situ kampung yang menjadi sentra pengolahan tahu ini juga memiliki kebun tanaman organik serta pengolahan limbah tahu dan kotoran sapi menjadi sumber energi biogas dan kampung Tidar Campur juga akan dikembangkan menjadi kampung jamu dan lidah buaya selain menjadi tempat keresi membuat kerajinan kantong kresek yang cantik.
Nah semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca dan menginspirasi untuk berkreasi dengan memperhatikan dan peduali kelestarian lingkungan,dan kami akan terus berusaha mengunggah artikel seputar kerajinan tangan kreatif dan tutorial cara mebuat serta tempat maupun pengrajin yang bisa menginspirasi kita selain dari artikel kerajinan kantong kresek yang cantik

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KREATIF..!! KERAJIANAN TANGAN KANTONG PLASTIK KRESEK CANTIK DI MAGELANG INI"

Post a Comment