IDE KREATIF GILA MITSUYUKI IKEDA MENBUAT STEAK DARI TINJA FESES






 Kreatifitas yang gila mengolah tinja  menjadi makanan.
Banyak kreatifitas yang di olah dari bahan baku daur ulang, dan bahan program daur ulang sampah sangat digalakkan guna mengurangi melimpahnya produksi sampah. Tapi ada hal ekstrim yang dilakukan warga jepang bernama Mitsuyuki Ikeda dia berhasil mengolah tinja (feses ) manusia menjadi makanan lagi.
Setiap orang sekurangngya membuang sisa hasil pencernaan berupa feses dalam jumlah 125 s/d 250 gram setiap harinya. Bayangkan berapa jumlah kotoran tinja seluruh warga penduduk indonesia,hal ini jika tidak di kelola secara baik akan menjadi masalah besar bagi kenyamanan dan kesehatan dunia. Beragam upaya dilakukan mengurangi tumpukan sampah  tinja di tiap negara,Misalnya dengan mengolah tinja menjadi biogas, pupuk, dan yang paling terkini tinja hingga bisa di olah menjadi  olahan makanan.

Di Jepang, untuk menghadapi krisis pangan, sekaligus merespon masalah pengelolaan tinja, Mitsuyuki Ikeda dari Okayama Laboratory menciptakan inovasi makanan dari tinja manusia yaitu steak tinja.gila nggak? Tapi bagaimanapun hebat dalam penemuannya.
Seblumnya dalam penelitiannya Ikeda panggilan akrabnya menemukan kandungan protein yang tinggi pada tinja,dan hal ini yang memotifasi Ikeda untuk mengolah tinnja menjadi makanan. Cara membuatnya adalah dengan cara mengekstrak protein  limbah feses dan di capur dengan enhancer dan daging buatan dimasukkan kedalam alat bernama exploder untuk diolah dan nantinya bisa di makan.
Dan untuk membuat lebih menarik dan menambah nilai kandungan  nutrisi Ikeda menambahkan zat pewarna dan protein  sari kedelai,dan untuk cita rasa sendiri konon katanya sama dengan rasa olahan daging p[ada umumnya. Apakah anda penasaran ingin mencobanya ? Apakah anda merasa jijik,dan ternyata hal itu sudah disadri oleh Ikeda bahkan seperti yang di lansir oleh media Mother Network Nature di a menyatakan bahwa pasti banyak orang yang tidak mau memakannya karena jijik.
Untuk biaya produksi makanan olahan steak  tinja Ikeda mengaku menghabiskan dana 10 sampai 20 kali lipat di banding ongkos produksi olahan daging steak pada umumnya. Tapi untuk kandungan nutrisinya waowwww!!! Ternyat komposisi gizi steak ini yang cukup tinggi, yakni 63 persen protein, 25 persen karbohidrat, 9 persen mineral, dan 3 persen lipid.Dan yang pasti beda dengan in daging yang  mata rantai industri daging telah menyumbang 18% emisi gas rumah kaca.steak daging sapi berbahan tinja inijustru  berhasil menyumbang penyelesaian masalah lingkungan.
Hal ini seharusnya mengingspirasi para peneliti kita untuk mengembangkan dhasil penelitiannya supaya hasilnya bisa bermanfaat walaupun tidak berupa olahan makanan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IDE KREATIF GILA MITSUYUKI IKEDA MENBUAT STEAK DARI TINJA FESES"

Post a Comment