MEMBUAT LEMARI DARI KARDUS YANG KUAT DAN RAPI



Membuat Lemari kardus yang kuat dan rapi.

Banyak yang memberi tutorial cara membuat lemari dari bahan kardus bekas dengan sistem daur ulang tapi kebanyakan dari mereka jarang ayang memberi solusi dan tehnin membuat lemari kardus yang kuat dan rapi,meskipun cara membuat kerajinan dari bahan kardus bahkan kerajinan dari bahan kardus bekas tapi unsur kekuatan lemari dan kerapian lemari tersebut mesti tetap harus di perhitungkan.Apalagi hasil kerajinan lemari dari kardus tersebut akan di jadikan menjadi kreatifitas kerajinan yang akan di komersialkan.disini konsumen kerajinan anda harus puas untuk menarik konsumen tersebut kembali menmbeli hasil karya  anda. 

Dan salah satunya dengan memperhatikan keutamaan kwalitas kerajinannya tersebut.
Jadi meskipun di olah dari barang bekas hasil karya kerajinan tangan lemari dari karduspun harus kuat dan rapi,sehingga lemari kardus yang anda buat tidak terkesan asal jadi,supaya tidak terkesan sampah.dan jika di jualpun reputasi anda sebagai pengrajin akan baik di mata konsumen.Disini kami akan mencoba memberikan tutorial cara membuat lemari kardus yang kuat dan rapi sebagai referensi dan smoga bisa menginspirasi anda jika ingin membuat kreasi lemari kardus yang kuat dan rapi serta bermutu,inilah yang perlu anda siapkan.



ALAT:


1.      CUTTER
2.      PENGGARIS
3.      PENSIL
4.      KUAS CAT
5.      SIKU SIKU

BAHAN


1.      KARDUS
2.      LEM KAYU
3.      LEM BAKAR
4.      GLUE GUN ( ALAT TEMBAK LEM BAKAR )
5.      CAT TEMBOK
6.      SOLASI KERTAS

CARA MEMBUAT


Di karenakan panjangnya artikel tenteng kreatifitas kerajinan membuat lemari kardus yang kuat dan rapi maka pad totorial ini tidak kami kasih gamabat tutornya,dan gambar car membuat secara rinci bakal kamin posting pada post berikutnya.
Untuk membuat lemari kardus yang kuat dan rapi di perlukan kardus yang berkwalitas baik juga,dan usahakan yang ukaurannya tebal seperti bekas kemasan kulkas dan barang eletronik lainya.Dan pada umumnya kardus bekas kemasan makanan instan berkwalitas kurang baik sebagai bahan lemari kardus.
1.      Buat pola sketsa lemari sesuai yang anda inginkan lengkap bengan ukuranya
2.      Siapkan kardus untuk bagian samping kanan dan kiri,ukur dan beri garis sesuai pola dan ukurannya terlebih dahulu
3.      Lalu potong kardus dengan cutter menurut garis pola yang di gambar sebanyak tiga lembar masing masing.Beri lem kayu pada bidang ketiganya dan rekatkan sehingga  menjahi tiga lapis untuk masing masing lembarnya (pres/tekan menggunakan papan datar dan biarkan kering )
4.      Potong kadrus untuk bagian atas sesuai pola sebayak tiga lembar. Beri lem kayu pada bidang dan rekatkan sehingga  menjahi tiga lapis untuk masing masing lembarnya (pres/tekan menggunakan papan datar dan biarkan kering
5.      Potong Kardus untuk bagian tengah yang memotong secara diagonal tiga lembar masing masing.
Beri lem kayu pada bidang ketiganya dan rekatkan sehingga  menjahi tiga lapis untuk masing masing lembarnya (pres/tekan menggunakan papan datar dan biarkan kering
6.      Khusus papan untuk bagian kanan kiri (maupun tenah yang vertikal Jika memerlukan lebih dari satu skat).Potong pada lapisan ketiga kardus yang di trmpeil tadi pada garis pola untuk tempat papan rak dan papan atas lemari kardus,lebar garis potongan sama dengan tebal lapisan papan kardus lapistiga tadi. 

CARA MERAKIT


1.      Beri lem kayu pad ujung papan kardus bagian atas ( kardus untuk papan kanan dan kiri ) kemudian rekatkan pada ujung papan untuk bagian atas,lakukan juga untuk bagian bawah untuk papan bagian bawah juga. Sehingga sudah terbentuk kerangka kotak.
2.      Beri lem kayu pada garis potongan tengah untuk tempat papat rak,pasang rak dan rekattkan,untuk  supaya rangkaian yang di rekatkan lebuh kuat beri lem tembak pada sudut baru yang terpasang pada nomor 1 dan 2.
3.      Pasang papan belakang dengan di kasuh leh kayu dan di kasih lem tembak setelah terpasang. Maka rangkaian sudah hampir terbentuk.
4.      Setelah smuanya di lanjutkan memasang solasi pada sudut bagian luar keselluruh sudut yang baru terpasang.Penggunaan isolasi untuk lemari kardus bertujuan untuk menambah kekuatak rekatan sambunan dan untuk merapikan sudut dari masing masing sisi sehingga pada saat pengecaran akan terlihat rapi.
5.      Langhkah selanjutnya adalah memasang daun pintu lemari kardus.ykni dengan memasang esel dan kunci locker seperti pada pemasangan lemari kayu pada umumnya.Cuma pada memasangan baut di sarankan menggunakan baut yang tembus sehingga kuat.

CARA FINISHING


Untuk proses finishing lemari kardus yang kuat dan rapi tidak di perlukan proses pengamplasan,karena proses pengamp[lasan akan merusah tekstur luar kulit ardus yang sudah halus,maka proses finisingnya adalah sebagi beriut.
1.      Tutup bagian sudut luar dan sudut dalam dengan menempelkan kertas HVS dan lem kayu secara rapi dan merata.Juga termasuk pada kardus yang rusak kusit atau berlubang.
2.      Cat smua bagian lemari dengan warna yang anda sukai dengan rata.tunggu hingga mengering dan emari dari kardus sudah sjadi.


CARA PERWAWATAN DAN KEAWETAN    

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
Lemari dari kerdus sendiri bisa di gunakan dalam waktu yang cukup lama jika proses  pembuatan dan perawatanya bagus.
Cara perawatan hasil kreasi  lemari kardus kuat dan rapi cukup mudah,hanya cukup membersihkan dari kotoran dan menghindari terkena air ,menghindari tempat lembab dan jauh dari jangkauan tikus.

TIPS

* Model dan  desin serta kerumitan  cukup di sesuaikan dengan selera anda
*Untuk membuat lemari kardus yang kuat dan rapi di perlukan kardus yang berkwalitas baik juga,dan usahakan yang ukaurannya tebal seperti bekas kemasan kulkas dan barang eletronik lainya.Dan pada umumnya kardus bekas kemasan makanan instan berkwalitas kurang baik sebagai bahan lemari kardus.

*Untuk proses pengecatan di upayakan cat jangan terlalu cair dan bila perlu lapisi dengan dempul terlebih dahulu dan menggunakan cat semprotserta  di akhiri dengan cat melamin sehingga tidak mudak tergores dan tidak mudah lapuk.
Demikinan artikel ini smoga bisa menginspirasi pembaca dan jika mau menginspirasi orang lan untuk kreatif membuat kerajinan dan memmanfaatkan barang daur ulang saya perbolehkan untuk membagikan artikel membuat lemarikardus yang kuat dan rapi.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "MEMBUAT LEMARI DARI KARDUS YANG KUAT DAN RAPI"