KERAJINAN DARI DESA PUCANG SUDAH KE EROPA

Kerajinantanduk Desa Pucang sudah sampai ke Eropa



Kerajinan Desa Pucang


Pucang, ya banyak orang yang tidak tahu kalau Pucang adalah nama sebuah desa. Ya, desa di kecamatan Secang sebelah utara kota Magelang yang sejak jaman dulu  telah menghasilkan banyak karya yang telah di nikmati banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negri.
Mayoritas warga desa pucang bermata pencaharian sebagai pengrajin bergbagai  kerajinan,bahkan kerajinan berbahan baku tanduk sapi maupun kerbau sejak dulu entah kapan awal mulanya ,konon ceritanya sudah ada sejak jaman P.Diponegoro. Pucang sudah menjadi desa sentra kerajinan tangan yang kinitelah berkembang bukan hanya kerajinan yang bebahan baku tanduk,bahkan sudah berkembang beberapa kerajinan yang berbahan baku kayu maupun tempurung kelapa.

Beberapa hasil produks unggulan  dari desa pucang diantarannya  adalah ;

Seni Kerajinan Tangan Dari Bahan Tanduk yang di produsi pengrajin dari desa pucang diantaranya mengasilkan,wayang,gantungan kunci,kaligrafi,pipa rokok, antara lain adalah miniatur candi borobudur dari tanduk, sisir, serit, sendok, garpu, patung burung, topeng, mangkuk, tempat rokok, dan yang dari bahan kayu ada gantungan kunci beraneka macam, alat rumah tangga, alat masak , serit , sisir, cideramata untuk souvenir perkawinan dan lain-lain

Pemasaran

Para pengrajin desa pucang rata rata sudah punya pelanggan masing masing, ada sebagian di pasarkan di tempat wisata sepeti Taman Kyai Langgeng , Candi Borobudur, dan banyak yang di ambil oleh pelanggan luar kota. Seiring kemajuan internet masing masing produsen kerajinan tangan mulai di promosikan secara online bahkan ada yang memunyai toko online sendiri. Bahkan beberapa produk kerajina dari tanduk telah berhasil di pasarkan sampai ke Eropa sejak tahun 1980 an.
Pemberdayaan warga masyarakat
Selain telah mengharumkan wilayad desa pucang dan kabupaten magelang,para pengusaha kerajinan tanduk dan kayi desa pucang telah behasil membantu program pemerintah dalam memmperluas lapangan pekerjaan dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Alamat pucang


Bagi pembaca yang berwisata ke sekitar Magelang tau Jogja  yang penasaran ingin melihat langsung atau pingin mampir ke desa pucang  disini akan kami tunjukkan rute desa cecacng dari arah magelang. Jadi kalaau dari arah Magelang kota ambil arah trafick light Menowo  dari pertigaan lampu merah tersebut ambil jalan yang menuju ke pucang kuang lebih 10 km ( arah grabag )anda sudah sampai desa pucang  tempat sentra kerajinan tanduk.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KERAJINAN DARI DESA PUCANG SUDAH KE EROPA"

Post a Comment